Al-Amanah

Pondok Pesantren Al-Amanah dan Bilingual

Al-Amanah

KH. Nur Cholis Misbah beserta Asatidz

Al-Amanah

Kegiatan Santri

Assalamu'alaikum kawan, Welcome / Ahlan wa Sahlan blog ini didedikasikan untuk bagi-bagi apapun yang bermanfaat yang kamu punya. mari maju bersama

Apa sih beasiswa itu? Beasiswa adalah bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk membiayai pendidikan yang ditempuh. Dimana kita dapat memperoleh beasiswa?


1. Suatu lembaga atau yayasan penyedia beasiswa, banyak lembaga ataupun yayasan penyedia beasiswa di Indonesia maupu luar negeri seperti AMINEF, Australian Development Scholarship (ADS), dan masih banyak lagi.
2. Universitas, maksudnya yaitu universitas itu sendiri yang menyediakan beasiswa bagi para mahasiswanya dengan dana dari berbagai sumber.
3. Kantor / perusahaan, banyak perusahaan-perusahaan besar yang memberikan beasiswa bagi mereka yang pantas untuk mendapatkannya. Biasanya tujuannya itu supaya mereka yang mendapatkan beasiswa bisa bekerja di perusahaan penyedia beasiswa.
4. Pemerintah, Biasanya Pemerintah Daerah (PEMDA) sering memberi beasiswa kepada para pelajar.
beasiswanya biasanya seperti dikuliahkan sampai lulus agar ketika lulus dari perkuliahan biasa mengembangkan potensi daerah asalnya.

Dari penjelasan di atas kita bisa bayangkan bahwa sebenarnya banyak sekali beasiswa bertebaran dimana - mana. hanya saja biasanya kita sering masa bodoh dan tidak peduli terhadap beasiswa. sering para mahasiswa lebih suka menjadi pengemis elit alias mengandalkan kekayaan orang tua. apa gak malu nih?

tenang aja penjelasan diatas masih belum lengkap. setelah kita mengetahui dimana kita bisa mendapatkan beasiswa, yang harus dilakukan ialah kita harus melakukan persiapan. apa aja persiapannya?

1. Tentukan bidang studi apa yang akan agan ambil.
Maksudnya agar kita tidak salah dalam mencari beasiswa.
Contohnya kita ambil bidang studi komunikasi, maka kita harus mengincar perusahaan yang bergerak dibidang komunikasi. contohnya telkom. jangan sampai anda ambil bidang komunikasi eh cari beasiswa di pertamina. kalau begitu sih 90% biasanya ditolak.

2. Tentukan dimana anda akan kuliah.
Beasiswa yang melimpah itu biasanya ada di universitas negeri dan bonafit.

3. Cek perusahaan mana saja yang biasanya memberikan beasiswa serta bagaimana sistem keuangannya.

4. Siapkan seluruh dokumen anda.
seperti ijazah atau transkrip nilai.

setelah kita melakukan persiapan maka kita harus memenuhi suatu requirements. apa sajakah itu?

1. TOEFL.
Toefl biasanya diminta untuk anda yang ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri.

2. Essay
maksudnya ialah kita sering - sering membuat essay untuk diikutkan dalam suatu karya tulis ilmiah. 
disini biasanya suatu perusahaan atau universitas luar negri sering memperhatikan suatu essay dari mahasiswa. apabila menarik maka kita akan disuruh mempresentasikan nah biasanya dari situ beasiswa akan datang dengan sendirinya.

3. Nilai
Untuk mahasiswa biasanya yang diperlukan ialah IPK rata-rata 3. tapi tenang saja, banyak kok beasiswa yang mengabaikan IPK asal anda mau berusaha untuk mencari beasiswa.

4. Surat Rekomendasi
nah biasanya ini untuk mahasiswa yang kurang mampu.


oke yang berikutnya ialah dimana kita bisa mendapat informasi beasiswa?

1. Iklan di koran.
2. Website (website perusahaan atau website Universitas).
3. Sering tanya ke Tata Usaha dimana agan kuliah.
4. Forum Alumni (Online atau Offline)
5. Buku.
6. Kedutaan Besar.
7. Forum yang lain (contohnya : milisbeasiswa.com)

Untuk tambahan: baru - baru ini ada suatu progran wirausaha bagi mahasiswa yang ingin menjadi enterprenuer. banyak lembaga-lembaga ataupun universitas yang menyediakan beasiswa enterprenuer.

Nah tidak terasa kan, ternyata banyak sekali cara untuk mendapatkan beasiswa. hehehe
Selamat berjuang semoga sukses mendapatkan beasiswa impian anda...!


Sumber: Kaskus

Leave a Reply